DARI PASAR TURUN KE WAJAN

Loh ini mau makan siang apa kepasar ikan sih laah orang orang ini lagi pada beli ikan tapi kok banyak juga yang lagi makan yaa ooooow ternyata ini ternyata restoran yang berkonsep pasar ikan higienis everfresh sesuai dengan namanya selalu segar

AYAM TANGKAP PRAMUGARI ?

Itu kenapa di beri nama “ ayam pramugari “ apa karena kaki ayamnya jenjang dan berwarna kuning langsat aaah sudahlah hahaha

RIJJSTAFEL

Keberadaan bangsa eropa selama 350 tahun di nusantara ternyata berkontribusi besar terhadap wajah kuliner Indonesia salah satu perpaduan budaya makan yang masih bertahan adalah rijsttafel ikuti perjalanan benu menguak kembali cerita dan sejarah rijsttafel yuk..

Kamis, 27 Oktober 2016

Gangan Asam Iwak Haruan dan masak habang bikin ngileer cuy …

makan siang benu kali ini istimewa nich foodlovers  gangan asam iwak haruan  menu  asli banjarmasin  kalimantan selatan wiiiiih mantap tapi adanya di Jakarta jadi buat anda yang kangen dengan menu ini dan belum sempet kekalsel mampir kesini aja dulu,  di kedai nyaman ada satu menu yang bikin benu penasaran namanya gangan asam ikan haruan  sekilas memang mirip sop ikan  



bahan bahan yang di gunakan  untuk membuat menu ini ada  asam jawa,  jahe lengkuas,  daun salam, sereh , daun bawang ,  tomat, cabai merah dan untuk warna kuahnya  tambahkan kunyit  jangan lupa bawang merah dan putihnya  banyak kan mending beli deh tapi  niar ngak penasara dengan bahannya makannya benu jabari dikit , karena pas  kesini saya boleh ngitip dapur hehehe .

Ikan haruan  alias ikan gabus sebenarnya maafaatnya sangat banyak  kandungan albuminnya sangat bagus dan di sarankan bagi yang  baru sembuh dari sakit dan pasca operasi ,  yang ini serius karena saya udah nyobain dan hasilnya bener bener membantu masa penyembuhan top deh …

ikan haruan  biasanya di masak  menjadi dua menu gangan dan haruan masak habang  untuk yang  masak habang sebenarnya ngak jauh beda dengan balado namun  di masak habang  tambahan rempah dalam sambal  baladonya dua duanya ada di rumah makan ini yaa food lovers  haranya ngak mahal kok kisaran 25 sampai 50 an itupun kalau nambah banyak kayak benu heheheh  trus kalau ngak mau makan ikan cobalah soto banjarnya … mmmm juga juara mantap … 

RM Soto Banjar Nyaman Antasari
Jalan Pangeran Antasari No.49, Kota Jakarta Selatan, INDONESIA
telp : +62 21 7654637
buka : 8.30  – 21.30 WIB 

RIJSTTAFEL




keberadaan bangsa eropa selama 350 tahun di nusantara ternyata berkontribusi besar terhadap wajah kuliner Indonesia salah satu perpaduan budaya makan yang masih bertahan adalah rijsttafel ikuti perjalanan benu menguak  kembali cerita dan sejarah rijsttafel  yuk..

sejak tahun 1842 hingga awal masa kependudukan jepang di tahun 1942 bangsa kolonial  tak hanya mempengaruhi politik dan ekonomi tapi juga dalam hal kehidupan sosial budaya Indonesia,  perpaduan budaya belanda dan indonesia atau yang disebut indies ini juga muncul pada tata cara penyajian hidangan yang diberi nama rijsttafel.

Rijsttafel berasal dari kata ris diambil bahasa perancis kuno yang berarti nasi  dan tafel berasal dari dari bahasa latin yang berarti meja jika digabung berarti sebuah hidangan dengan menu pokok nasi disajikan bersama beragam lauk pauk sayur mayur yang dihidangkan dalam satu meja.


Dahulu hidangan rijsttafel diantar oleh laki-laki berjumlah hingga 40 orang yang berpakaian seragam putih semi-eropa dikombinasikan dengan sarung dan blangkon bahkan untuk menyajikannya bisa menghabiskan waktu hingga 4 jam wah lama juga yaa makan aja lama banget.

Sangking Penasaran saya mengunjungi restoran tertua  dan pertama di jakarta yang menyajikan hidangan rijsttafel , restoran ini sebelumnya adalah rumah milik bangsawan belanda tuan bradenberg van oltsende yang didirikan pada tahun 1928.
sempat menjadi rumah resmi angkatan laut amerika setelah perang dunia kedua bangunan ini menjadi restoran di tahun 1968

bergaya arsitektur kolonial belanda rumah ini memiliki langit-langit tinggi terbuat dari kayu jati dan dihiasi perabotan asli dari beberapa daerah di indonesia seperti wayang dari jawa topeng dari kalimantan dan kain tenun asli sumatera  semuanya akan memanjakan mata kamu foodlovers

meraih gelar restoran terbaik di tahun 2015 Oasis sudah dikunjungi oleh banyak pejabat dan tokoh tersohor dalam dan luar negeri diantaranya perdana menteri inggris, margaret thatcher,  petinju amerika evnader holfield, pesepak bola asal spanyol Pep guardiola yang kini menjadi pelatih club liga inggris Manchester CITY  dan masih banyak lagi

benu penasaran dengan hidangan rijsttafel yang disajikan di oasis sejak tahun 79 katanya setiap bulan ada lebih dari 100 orang yang khusus memesan hidangan ini wow ini pasti enak banget mmmm ..

Btw jika pada zaman kolonial dulu pelayan yang mengantar adalah laki-laki
kalau di oasis ini penyajian rijsttafel dilakukan oleh wanita-wanita cantik berpakaian kebaya tradisional  agar suasana makan seperti layaknya di rumah sendiri
pertama benu disambut dengan musik dan tarian yapong khas betawi aseek jadi pengen joget eheheh , di belakang sang penari berbaris para pelayan memegang piring berisi lauk pauk khas nusantara ini nich yang bikin jadi istimewa banget .

berjalan memutari meja satu per satu mereka mengambil lauk-pauk untuk benu  saking banyaknya benu jadi takjub waaah.. piring diisi dengan nasi merah tahu telur khas jawa timur , dendeng sambal dari sumater barat,  ayam goreng sukabumi,  arsik kakap putih khas sumatera utara, sate mentul, sate ayam, oseng poso, sayur jantung pisang dari sulawesi selatan dan aneka kerupuk .. satu lagi nich food lovers para pelayannya  masya allah maniss manisss … yaa sallam jadi pengen nambah nasi terus nich heheheh .. eeh hampir lupa  disini bisa buat wedding juga looh yang  dan paket rijsttafel tadi satu orang bisa mencapai 600 hingga 1 jt rupiah ( harga 2016 )  saran benu sih mending bareng bareng aja makin rame makin mantap …


RESTORAN OASIS
Jl. Raden Saleh Raya No.47, RT.1/RW.4, Cikini, Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10330, Indonesia
Buka  : 11 – 15 sore  dan 18 – 22 malam 

Senin, 24 Oktober 2016

Kepiting asap ala RM Gusti …. Mmm Laziesss

   bila anda sedang melintasi jalur pantura atau pantai utara ada baiknya singgah lah sejenak di pantai
randu sanga brebes ada banyak pilihan menu menarik buat makan siang anda di sini , yang kangen
banget dengan menu kepiting cobain deh . kepiting asap adalah salah satu menu andalan yang ada di rumah makan gusti kepiting yang di masak dalam beberapa tahap ini memang bikin lapar , rumah makan yang terletak sekitar lima puluh meter dari pantai randu sanga ini hanya ramai di akhir pekan saja.

  Sang pemilik pak slamat selalu terjun langsung untuk memasak menu pesanan pelangganya meski

sudah tidak muda lagi iya tetap setia memberikan yang terbaik , menurutnya memasak itu harus
dengan hati biar rasanya maksimal … mmm harus itu … 
Ada tips nich dari pak Slamet buat masak kepiting, 

  pertama masukan margarin dan tumis bawang putih bombay sereh serta daun salam masukan bumbu rempah rahasia khas rm gusti aduk aduk
agar makin harum dan nikmat tambahkan daun kemangi dan daun bawang berikutna tambahkan air
aduk lagi dan masukan kepiting yang telah di bersih masak dan aduk terus sampai kuahnya mengering tuhh kan susah mending datang aja ke rumah makannya dari pada bingung heheheh 
apa lagi ada bumbu rahasianya yaiya dong kalau di bocorin bakal hilang dong ciri khas menu ala RM gustinya .. betulkan ..

   ini sengaja benu ceritain biar makin ngiler aja xixixi tuh, tahap selanjutnya adalah kepiting
yang sudah matang dan penuh bumbu ini di bungkus dengan daun pisang agar aromanya lebih sedap
kepiting yang telah di bungkus rapi ini di bakar dengan bara tempurung kelapa .untuk satu porsi besar
ini bisa dinikmati oleh dua sampai tiga orang dengan harga tergantung berat dan ukuran pastinya
tergantung berat . selamat berpetualang kuliner di brebes yaa food lovers ….



RM Gusti

Pantai Randu Sanga

Brebes Jawa tengah

Telp. 087877708877 - 0816222687

ROTI BUAYA

Roti buaya merupakan hidangan betawi berupa roti manis yang berbentuk buaya  hadir sebagai seserahan pada uparaca pernikahan  adat betawi   yang melambangkan kesetiaan si calon pengatin meski  keberadaannya kini sudah jarang namun  masih ada toko kue  yang konsisten sejak empat puluh tahun menyediakan roti buaya  toko kue terang jaya  milik pak atmaja ini masih setia menyiapkan kebutuhan roti buaya untuk acara adat betawi.

    Om atmaja atau yang sering disapa  abi ini mewarisi  keahlian dari sang ayah  himawan prayogi  dalam membuat kue ,  sepeninggal sang ayah ia mulai serius menggeluti  dunia  bakery  dan memutuskan membuka toko kue bernama terang jaya pada tahun 1970  di jalan  raya kebayoran lama jakarta selatan hingga kini .


Pesanan  bakal  banyak banget  menjelang weekend  untuk seserahan pernikahan betawi nah buat kamu yang mau ada acara nikahan  monggo pesan lebih awal biar ngak telat  acara anterannya hheheh  
 Yaa kalau tertarik mau buat boleh juga sih  nich  Bahan bahan untuk membuat roti buaya   siapkan   tepung terigu  mentega , garam, gula,  ragi  instan plus sebagai penghalus  dan kalsium tapi inget harus nyoba dulu yaa karena takarannya ngak di bocorin ama  abi hehehehe namanya juga rahasia dapur

Benu sempat nyobai roti buaya ukuran tangan orang dewasa rasanya enak  lembut dan tidak begitu manis jadi kalau mau nyobain siapin kopi atau tehnya yaa biar ngak seret hehehehe ...


TOKO ROTI TERANG JAYA
Jalan Kebayoran Lama No. 14, RT. 3/RW. 2, Cipulir, Kebayoran Lama, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12230, Indonesia

Kamis, 20 Oktober 2016

GUDEG PAWON YOGYAKARTA

sebagai informasi, gudeg pawon ini bukanya mulai malam hari pukul 22.30 WIB ya

Data Detail
Nama : Gudeg Pawon Selera Nusantara
Harga : Rp 7,500 – 9,000 per porsi (lebih mahal kalau nambah hehe)
Lokasi : Jl Janturan (masuk melalui Jalan Kusumanegara di                                                           seberang minimarket Pamela) di dekat kampus UTY.

Gurihya dorokdok bikin nagih

Rasanya gurih dan renyah saat digigit  cocok dimakan kering atau dengan kuah baso  ya inilah dorokdok   jajanan yang bisa dinikmati disegala cuaca ini memang gurihnya ngak ketulungan  dan yang penting tanpa msg. di garut ada dua pengertian tentang kerupuk kulit ada yang menyebutnya dorokdok dan kerupuk kulit penyebutan kerupuk kulit biasanya ditujukan untuk kerupuk yang terbuat dari kulit kerbau,dan dorokdok untuk kerupuk yang berbahan dasar kulit sapi lapisan bagian  dalam  sementara bagian luarnya dijadikan bermacam macam pakaian dan asesoris lainnya .



saya sebenarnya penasaran dengan penyebutan dorokdok , nanya kebeberapa orang asli garut akhirnya terjawab  katanya sih   saat di makan dalam  mulut berbunyi dorok…dok… hahah ada-ada aja ya tapi bener sih  cobain deh .

Biasanya ciri-ciri kulit sapi untuk membuat dorokdok biasanya adalah kulit dari sapi muda dan bertekstur  tebal faktor –faktor tersebut juga akan mempengaruhi rasa dorokdok ketika akan digoreng nanti waaah bisa makan banyak nich .


Cara mengolahnya sih menurut pak nandang kulit-kulit sapi ini terlebih dahulu dicuci dengan air dan garam lalu direndam selama satu malam, pencucian disini tidak menggunakan kapur karena pak nanang  ingin kulit-kulitnya juga aman dikonsumsi,  
proses ini juga bertujuan untuk membersihkan sisa kotoran dan racun-racun yang melekat pada kulit gini nich baru bener, menurut si bapak saat ini banyak oknum yang curang  membersihkan kulitnya pakai cairan kimia  dan kalau dikonsumsi bisa berbahaya buat kesehatan .


Ditempat tinggal pak nandang tak hanya terkenal dengan produk sandang di jalan sepanjang 500 meter ini juga terdapat perajin kerupuk kulit sejak tahun 70 an
saya mengikuti langkah pak nandang menyusuri gang sempit di belakang jalan sukaregang ini untuk menuju ke rumahnya di kepala saya ini ada 30 kilogram kulit sapi  lumayan berat heheehe.




Nandang suryana  ayah dari enam anak dan sembilan cucu ini sudah 15 tahun membuat dorokdok untuk menafkahi keluarga besarnya ,dalam sebulan pak nandang bersama sang istri ibu eha mendapat 500 ribu rupiah hasil dari berjualan dorokdoknya penghasilan tersebut dirasa memang tidak dapat mencukupi kebutuhan sehari-hari, apalagi ia tak mau merepotkan anak-anaknya yang sudah berkeluarga.


makanya kita semua jangan lupa bersyukur  yaa … 
selamat menikmati dorokdok … 
jangan lupa pake kuah baso hehehe .






Rabu, 19 Oktober 2016

Dodol Betawi Mak Mamas

Tradisi seserahan  dalam pernikahan  betawi memang tidak bisa di pisahkan dari dodol dan roti buaya serta  sejumlah penganan lainnya  , kedua jenis makanan ini mempunyai makna tersendiri  sebagai lambang kebersamaan dan kesetiaan pada pasangan.

penganan dodol   diyakini telah ada sekitar tahun 1852  dan  yang di bawa oleh suku luzon  filipina  yang bermigrasi  kebeberapa negara termasuk indonesia   pada masa itu  beberapa negara seperti Malaysia, singapura , india  serta srilanka menjadikan dodol sebagai menu  wajib  di acara  adat dan hari besar seperti idulfitri dan idul adha .

kemudian berkembang dari generasi kegenerasi hingga saat ini dan  menjadi  sajian panganan pada hari besar seperti idul fitri dan idul adha  dan acara adat betawi lainnya,
salah satu pengusaha dodol yang sudah cukup lama adalah  hajjah masyitah atau lebih dikenal dengan  mak mamas ini merupakan  generasi kedua penerus  resep sang mertua, yang kini sudah hampir setengah abad 

berdagang dodol betawi  di jalan batu ampar condet jakarta timur  istri dari almarhum  abdullah bin ali alhadad  memiliki enam anak ini sempat gagal  beberapa tahun, 


dan akhirnya berhasil  namun sebelum serius membuat dodol  ia sempat berdagang nasi dan asinan betawi yang hingga kini masih bertahan dan laku,  ketenaran dodol mak mamas sudah tidak diragukan lagi sejumlah artis pun sempat berkunjung ketempatnya  termasuk mantan gubenur jakarta fauzi bowo pun pernah ikut ngaduk dodol  disini
di usianya yng ketuju puluh mak mamas masih  mengontrol sendiri kualitasnya .



Selasa, 11 Oktober 2016

Nasi pundut Khas Kalsel

Nasi pundut
Sekilas memang mirip dengan lontong atau kudapan sejenis lainnya  , nasi yang diolah dengan mencampurkan santan kedalam beras  ini memang gurih banget dan beraroma khas karena dibungkus dengan daun pisang , porsinya yang kecil  pas banget buat sarapan namun  buat anda  yang biasa sarapan dengan porsi besar kiranya harus menambah dua sampai tiga bungkus .



         Makanan khas banjar  kalsel ini memang simple namun sangat nikmat bila dengan tambah dengan siraman saus lapat  dan  lauk mageli  tapi buat saya menambahkan ikan haruan masak habang jadi favorit saya mmmm laziesss .


          Saya menikmati menu ini ada di kawasan pasar pagatan kabupaten tanah bumbu Kalimantan selatan  untuk harganya  satu bungkus  kisaran lima ribu rupiah  dan bila di tambah dengan sepotong ikan haruan ( gabus ) masak habang  cukup dengan sepuluh ribu rupiah saja sudah bisa memanjakan lidah anda tungu apa lagi , soal harga jangan khawatir cukup dengan sepuluh ribu rupiah saja  lidah anda dijamin menari nari keenakan  untuk lokasinya ada di  wilayah pasar tradisional pagatan  .selamat berpetualang kuliner di Kalimantan selatan  yooo

Sabtu, 08 Oktober 2016

CUMI GORENG SAUS PEDAS

Rasa cuminya yang renyah, dibalut dengan sensasi pedas yang luar biasa hot , membuat anda yang suka pedas menjadi ketahihan. Saus pedasnya sengaja dibuat untuk memanjakanlidah anda.
Data detail
Harga : Rp 20,000.- per porsi
Lokasi : Reds dipo, Jl. Dipatiukur No 1 (Dekat Jalan Dago) Bandung

GURAME RUJAK KECOMBRANG

Gurami digoreng dan dibubuhi sentuhan aroma honje alias bunga kecombrang. Ikannya digoreng garing dan sentuhan bumbu khas ala kampung aer resto ini memang bikin menggugah selera dengan sentuhan bumbu rujak mmmmmm

Data detail
Harga : Rp 30,000.- per porsi
Lokasi : Kampung Aer Restaurant, Alam Sutra Tangerang Selatan

GIANT BURGER

Dari namanya aja udah bisa nebak kita kalau burgernya memang gede banget. Satu porsi burger ini bisa dinikmati oleh lima sampai tujuh orang. Roti danbeef yang sangat empuk, membuat Benu nyaris lupa kalau sudah menghabiskan beberapa potong burger raksasa ini. Untuk anda yang sedang menginap di Hotel Aston Braga,  ndak ada salahnya untuk nyoba si giant ini. Untuk sahur mungkin? :))

Data detail
Harga : Rp 100,000.- per porsi
Lokasi : Hotel Apartemen Aston Braga Bandung

LOBSTER BIRU SAUS ROCK N ROLL

Kita biasa menyebutnya dengan sebutan udang galah atau lobster. Namun karena warnanya yang sangat biru, akhirnya disebutlah sebagai blue lobster. Keren yaa..hehehee.
Kenikmatan lobster biru saus rock and roll ini jangan diragukan. Berawal dari bakar bakar si lobster, diolesi bumbu kuning, dan kemudian di siram dengan bumbu rock n roll panas panas… mmmmm ini memang beda rasnya.
Mintaa ammmpppuuuuunnn
Data detail
Harga : Rp 10,000.- per Ons
Lokasi : Restoran Kampung Laut Pangandaran Jl. Tubagus Ismail 22 Bandung

NASI UNGU PLUS SATE AYAM MERAH

Menu yg satu ini memang sengaja di ciptakan untuk anda yg suka dengan varian ubi. Disamping rasanya yang asyik, ternyata manfaatnya juga sangat banyak. Salah satunya kandungan  zat antosianin  yg bermanfaat untuk memperlancar peredaran darah, mencegah kanker dan memperbaiki sel yg rusak.Meski nasi ungu agak sedikit pera karena di campur dengan pasta ubi ungu, namun ketika di colek dengan sedikit sambal honje ( kecombrang ), maka rasanya menjadi asyik banget. Hehe
Menu ini berbentuk satu paket, dengan dilengkapi sate lilit plus tempe dan tahu. Dan merupakan campuran daging ayam dengan ubi kuning. Serba Ubi hehehe
Ide membuat healthy food ini berawal akibat keluarga sang pembuat terserang kanker.

Data detail
Harga : Rp 23,000.- per satu paket
Lokasi : Jalan Kepala Puan Raya AG1/18 Sektor 1A, Ruko Gading Serpong Summarecon Tangerang Selatan

BISTIK TAHU SAPI

Ini nich yg namanya kreatif tiada henti. Kalau biasanya kita menikmati baso tahu,  kali ini ada yangnamanya bistik tahu.
Awalnya Benu ragu dengan bistik rasa tahu ini, tapi ternyata rasanya asik banget. Kombinasi saus nenek yg rasanya rada manis gurih bikin si bistik tahu ini bener-bener enak.

Mmmmmminta ampun deh sedap banget…
Data detail
Harga : Rp 27,500.- per porsi
Lokasi : Warung Tahu
jl. raya sutra boulevard
Flavor Bliss Blok KA
Alam Sutera Tangerang Selatan

KEMBANG TAHU MANGGA

Menu penutup yang manis. Itu yang terbayang pertama setelah Benu menikmati si kembang tahu mangga. Kembang tahu yang lembut diberi topping saus mangga yang manis membikin nikmat.
Cobain yaa

Data detail
Harga : Rp 15,000.- per porsi
Lokasi : Warung Tahu
jl. raya sutra boulevard
Flavor Bliss Blok KA
Alam Sutera Tangerang Selatan

GURAME RAMADHAN PELEM GOLEK

Bulan ramadhan menginspirasi salah satu pemilik rumah makan pelem golek jogja ini , slah satu menu buat ramadhan yang asyik banget buat di cobain adalah gurami ramadhannya rasa ikannya yang krispi dan bumbu rempah yang dominan di tambah rasa manis khas kurma bikin buka puasa anda semakin sempurna

Data detail
Harga : Rp 24,000.- per porsi
Lokasi : Rumah Makan Pelem Golek
Jl. Palagan Tentara Pelajar Km 7 Jogjakarta

UDANG SAUS CABE ALA WIRO SABLENG

Restoran Wiro Sableng 212 berada di pusat jajanan Kelapa Gading Jakarta Utara. Restoran yang selalu ramai menjelang makan siang dan makan malam ini buka dari jam 10 pagi hingga 22 malam ini. Restoran ini merupakan salah satu favorit para pencinta makanan laut (seafood) dengan puluhan menu andalan diantaranya udang saus cabe di atas.
Rasa yang pedas gurih, lembutnya udang serta siraman saus cabe dan bihun,  membuat udang saus cabe ini bikin makin tambah sedap.
Data detail
Harga : Rp 50,000.- per porsi
Lokasi : Restoran Wiro Sableng 212
Jl. Kelapa Gading Boulevard Blok QA 3 No 2-3 Jakarta Utara

KEPITING BAKAR ALA WIRO SABLENG

Untuk membuat menu ini sulit dilupakan adalah rasa bumbu yang benar-benar meresap. Rahasia caranya adalah dengan pertama kali merebus kepiting kiriman dari Tarakan Kalimantan Timur ini  dengan menggunakan bumbu rahasia. Setelah direbus barulah sang kepiting dibakar sambil ditambahi kecap.
Yang membuat tambah sableng adalah kepiting dengan rasa daging manis ini dihidangkan dengan dua sambal yaitu sambel kecap dan sambal terasi.
Data detail
Harga : Rp 150,000.- per kilogram
Lokasi : Restoran Wiro Sableng 212
Jl. Kelapa Gading Boulevard Blok QA 3 No 2-3 Jakarta Utara

GUDEG CAKAR BU KASNO

Untuk anda yang sedang kelaparan di malam hari, atau sedang mencari sahur saat sedang berpuasa, maka warung gudeg cakar (atau ceker) Bu Kasno harus jadi pertimbangan. Warung gudeg yang berada di Jalan Mongonsidi Solo ini, selalu penuh dengan antrian para pencinta gudeg yg juga penggila ceker/cakar ayam. Gurihnya gudeg yang dilengkapi dengan lembutnya ceker ayam, serta  siraman kuah krecek yg sedikit pedas, membuat para pengunjungnya rela untuk antri.
Warung gudeg cakar Bu Kasno baru buka persis pada pukul 3 dini hari. Cocok untuk sahur ini. Dan saran Benu, sebaiknya tidak usah datang pagi hari karena biasanya menu makanan di warung ini sudah tidak lengkap lagi alias habis terjual.
Data detail
Harga : Rp 8,000 – Rp 15,000 sekali makan
Lokasi : Warung tenda (amigot – agak minggir got)
Jl. Mongonsidi Solo Jawa Tengah

KONRO BAKAR MARANNU

Untuk anda yang sedang kangen hidangan ala Makassar dan berada di bandung,  ada baiknya anda menuju ke Rumah Makan Marannu di Jalan Riau Nomor Satu.  Di rumah makan ini ada konro bakar yang asyik banget. Selain potongan iganya  besar besar, bumbu racikannyapun luar biasa. Nikmat, empuk, menggoda .
Data detail
Harga : Rp 32,000 per porsi
Lokasi : Rumah Makan Marannu
Jl. Riau No 1 Bandung Jawa Barat

IGA BAKAR KARAMEL

Potongan iga yang pas, dengan sentuhan saus karamel menjadi andalan tempat makan yang berada di Dapur Buntut yang berada di bilangan tebet ini. Rasa iga bakarnya cenderung manis, sehingga anak anak pun dapat cocok mencobanya.
Data detail
Harga : Rp 40,000 per porsi
Lokasi : Restoran Dapur Buntut
Jl. KH Abdullah Syafeii No 14 Casablanca Jakarta 12840

IKAN MAS BALITA GORENG

Anak ikan mas (baby goldfish) sebesar ruas jari ini di goreng hinggagaring saja sudah merupakan salah satu menu pilihan favorit Benu. Rasa renyah dan gurih makin mantap bila dilengkapi dengan colekan mesra sambal hijau.

Data detail
Harga : Rp 15,000 per porsi
Lokasi : Rumah Makan
Jl. Raya Puncak Ciloto No 59 Cianjur

KEPITING TELUR ASIN

Pilihan kepiting yang besar-besar dan di datangkan langsung Papua ini memang bener bikin puas para pencinta kepiting. Isinya yang padat bikin kita nyaris lupa kalau lagi makan kepiting atau lagi nyobain daging kepiting bakau yang beratnya nyaris dua kilo satu ekornya ini.
Data detail
Harga : Rp 30,000 per ons
Lokasi : Restauran Seafood Rasane
Jl. Alam Sutera Town Centre, Jl. Alam Utama Kav. 26 (Seberang Flavor Bliss) Alam Sutera, Serpong Tangerang Selatan

PIZZA PEUYEUM

Sajian asal Itali satu ini, memang bisa dikembangkan dengan berbagai macamtopping, sebut saja topping seafood atau mushroom. Di Bandung, anda dapat menemukan pizza dengan topping penganan khas Bandung, yaitu peuyeum. Jadilah namanya Pizza Peuyeum.  Pizza peuyeum ini menjad salah satu andalan rumah makan yang bernama Warung Laos.
Data detail
Harga : Rp 32,000 per loyang
Lokasi : Warung Laos (pertigaan Cihampelas Bandung)

TUMPENG MINI AER MANCOER

Ukurannya yang kecil dan unik membuat menu ini sangat digandrungi oleh anak anak. Saat Benu berkunjung pada pertengahan tahun 2012, menu tumpeng mini komplit ini menjadi favorit anak-anak. Isi tumpeng berisi lauk pauk lengkap berupa ayam goreng, goreng tahu tempe serta sambel terasi dan ikan asin, bisa membuat anda ketagihan.
Data detail
Harga : Rp 25,000 per paket komplit
Lokasi : Kedai Air Mancoer
Jl. RE Martadinata (dekat bundaran air mancur) Kota Bogor

WADER COBEK MOJOKERTO

Wader adalah sejenis ikan danau yang bentuknya seperti ikan teri namun lebih besar. Menu yang satu ini selalu jadi pilihan warga sekitar Mojokerto, maupun para pelancong yang datang ke Mojokerto. Kita dapat menikmatinya nyaris kayak makan kerupuk, karena  rasanya yang gurih plus sambel trasi yang bikin kita asyik terus menambah nasi.
Data detail
Harga : Rp 10,000 per porsi
Lokasi : Kawasan situs purbakala Mojokerto

LESEHAN PURWATI PURWOREJO

Lesehan Purwati ini berlokasi di Jalan Jendral Urip Sumoharjo, tepatnya di seberang Masjid Raya Purworejo, atau sebelah barat alun-alun Purworejo. Menu andalan yang sudah lama dikenal kelezatannya adalah Ayam Bakar.


Ayam Bakar Lesehan Purwati (plus lalapannya) terkenal gurih dengan bumbu yang meresap kedalam daging secara merata.  Selain itu potongan dagingnya juga besar… mencium aroma-nya sudah pasti anda akan menelan air liur :D Tak heran bila 30 ekor ayam kampung bisa langsung habis dalam sekejap
Sementara untuk anda yang menggemari rasa pedas, silakan dicoba Rica-Rica Enthok Mercon iniPemakaian kata mercon karena rasa pedasnya yang mengagetkan (makanya diingatkan dengan penggunaan kaa mercon hehe). Tak heran, karena pedasnya menu ini berasal dari setengah kilogram cabe rawit untuk memasak setiap dua ekor enthok atau bebek.
Sembari kepedesan, anda juga akan di hibur oleh lantunan organ tunggal yang penyanyinya tak lain adalah sang pemilik lesehan, yaitu Ibu Purwati. Maklum, beliau sempat dikenal pada jamannya dengan kemanisan suara saat membawakan tembang-tembang berbahasa Jawa.
Lesehan Purwati buka sejak pukul 5 sore hingga tengah malam. Namun seringkali, ayam bakar, rica-rica enthok mercon dan bebrapa menu lain habis sebelum tengah malam. Karenanya saran Benu, lebih baik datang ke tempat ini lebih cepat agarr bisa kebagian menikmati kelezatan menu makanan ditemani alunan organ tunggal dengan lagu berbahasa Jawa.
Data detail
Harga : Rp 15,000 per porsi
Lokasi : Jalan Jendral Urip Sumoharjo Purworejo , tepatnya di seberang Masjid Raya Purworejo, atau sebelah barat alun-alun Purworejo

YAMIE CEKER LARIS

Tahukah anda perbedaan antara mie ayam dengan yamie? Ga perlu dijawab, biar Benu terangkan sedikit yang Benu tahu. Keduanya sebenarnya tidak jauh berbeda. Perbedaan satu-satunya antara keduanya adalah dalam hal cara penyajian. Mie ayam mencampurkan antara mie dengan kuah-nya langsung dalam satu mangkok. Sementara untuk yamie, kuah dan mie-nya disajikan dalam dua mangkok yang berbeda. Yamie biasanya tersedia di warung-warung makan bermenu tionghoa.
Di Jalan Brigjen Katamso 304 Yogyakarta, sejak 2 tahun lalu berdiri sebuah warung makan bernama Yamie Ceker Laris. Letaknya yang persis ditepi jalan, dan berada di tengah kota, menjadikan warung makan yamie ini mudah sekali untuk diakses.
Seperti namanya, warung makan ini menyajikan bermacam variasi jenis menu yamie dengan dilengkapi ceker ayam atau daging ayam (ayam). Mie yang disajikan merupakan mie khas singkawang Kalimantan Barat yang dibuat sendiri tanpa bahan pengawet ataupun pengenyal.
Salah satu menu yang paling laris di warung makan ini adalah Yamie Ceker Laris.Bila dilihat dari tampilan mie yang disajikan, tampaknya sama saja dengan mei ayam basa. Tapi ternyata rasanya berbeda sekali. Mie dalam menu ini terasa memiliki rasa pedas tanpa ada sambal. Kuah yang disajikan dalam mangkok terpisah sangat terasa kaldu yang berasal dari ceker ayam, namun tanpa asa anyir. Dan topping-nya bisa macam-macam. Yang Benu coba toppingnya adalah ayam panggang saus angkak, telur, udang goreng, keikiancrab claw(capit kepiting yang digoreng bungkus sedikit tepung) ditambah kerupuk pangsit goreng..
Harga menu ini termasuk murah, mengingat porsinya yang agak jumbo. Satu porsinya Rp 16,000 saja.
Sebenarnya, Benu juga mencoba dua menu lain di warung makan ini, yaituTom Yam  Ceker(link) dan Nasi Campur(link).

TOM YAM CEKER

Khusus untuk anda pencinta ceker ayam. Ceker yang disajikan dalam tom yam ini teksturnya sangat lembut, bahkan hingga ke tulang-tulangnya. Untuk menikmatinya, cekernya tidak perlu anda pegang memakai tangan, sebagaimana umumnya orang makan ceker. Ceker cukup diambil dengan sendok,  maka daging (dan kulit) yang melekat pada ceker akan segera berpindah ke sendok, dan langsung bisa dinikmati. Menurut ssang pemilik warung yamie ceker laris, Benyamin, setiap harinya tidak kurang dari 70 hingga 100 porsi menu ini ludes terjual.
Data detail
Harga : Rp 13,000 per porsi
Lokasi : Warung Yamie Ceker Laris
Jalan Brigjen Katamso 304 Yogyakarta

NASI CAMPUR

Menu makanan ini layak di coba. Pengemar rasa gurih akan dimanjakan lidahnya, karena rasa gurihnya. Padahal warung ini tidak mempergunakan bahan pengawet untuk memasaknya. Nasi campur ala yamie ceker laris ini  harganya lebih murah dari yamie singkawang, yakni cukup 15 ribu rupiah saja.
Data detail
Harga : Rp 15,000 per porsi
Lokasi : Warung Yamie Ceker Laris
Jalan Brigjen Katamso 304 Yogyakarta

BEBEK PANGGANG LESEHAN SAYIDAN

Lesehan tempat makan ini berada di Jalan Sultan Agung, tepat di sebelah timur jembatan Sayidan Yogyakarta dan sebelah barat SMP Bopkri. Lokasinya yang berada di sebelah sungai Code akan membuat anda betah berlama-lama di lesehan ini.  Lesehan Sayidan sudah buka sejak 12 tahun lalu. Beragam menu dengan harga bersahabat disajikan disini, diantaranya puyuh goreng, bebek goreng dan bebek panggang. Setiap harinya, tak kurang dari 100 ekor bebek dan puyuh
Sebenarnya cita rasa bebek yang disajikan sama saja dengan di tempat lainnya. Namun ada dua sambal yang akan membuat anda merem melek menikmatinya, yaitu sambal mentah yang sangat pedas dan sambal matang yang pedasnya sedang.
Selama bulan ramadhan, saat umat muslim berpuasa, lesehan sayidan hanya buka mulai jam 2 siang sampai jam 4 pagi. Selain pada bulan ramadhan/bulan puasa, lesehan Sayidan buka 24 jam.
Data detail
Harga : Rp 45,000 per ekor (bebek);  Rp 8,000 per ekor (puyuh)
Lokasi : Lesehan Sayidan
Jalan Sultan Agung (timur jembatan sayidan) Yogyakarta

ES DAWET IRENG

Es dawet ireng (hitam-red) adalah minuman asli dari daerah Butuh Purworejo, Jawa Tengah. Warna hitam dari dawet (cendol-red) didapatkan dari saripati air batang jerami padi yang dibakar. Salah satu penjual es dawet di jembatan Butuh Purworejo ini adalah Wagiman. Wagiman adalah generasi ketiga yg mewarisi resep dari Sang Kakek Ahmad Dangsri, yang sudah berjualan es dawet ireng sejak tahun 60-an di kawasan jembatan Butuh Purworejo tersebut. Es dawet ireng ini menawarkan kesegaran yang sederhana. Begitu dicoba, dawet ireng segar terasa segar dengan sentuhan santan yang ringan plus gula jawa plus es batu. Tak heran apabila tak kurang dari 200 porsi dawet ireng ludes terjual setiap harinya.
Data detail
Harga : Rp 3,000 per porsi
Lokasi : Jalur mudik selatan persis  20 meter sebelum jembatan Butuh Purworejo Jawa Tengah

SATE AMBAL

Seperti penyebutan sate madura, sate ambal adalah sate ayam khas yang berasal dari kawasan Ambal, Kebumen, Jawa Tengah. Yang membedakan sate ambal dengan sate madura adalah kuah bumbunya. Sate madura menggunakan bumbu kacang yang cenderung kental, sementara sate ambal menggunakan bumbu yang agak lebih encer, berwarna kuningtua dan sekilas terlihat seperti kuah sate padang.
Satu hal lain yang  membuat sate ambal memiliki rasa istimewa, adalah pemberian bumbu berupa  campuran kunyit, jahe, bawang merah, bawang putih dan gula merah, sebelum dibakar. Setelah dibumbui, sate ayam yang sudah dilumuri bumbu kembali direndam selama kurang lebih jam 1 jam, untuk memaksimalkan rasa-bumbu yang meresap.
Benu memilih mendatangi warung sate ambal Pak Tino, karena banyak didatangi pelanggan.dan tempatnya lumayan besar. Tak heran warung sate ini bisa menjual hingga 700 tusuk sate atau setara dengan 50 ekor ayam. Pak Tino merupakan generasi ketiga penjual sate ambal di keluarganya. Ia mewarisi resep sang eyang bernama Sabar,  yang berjualan sate ambal di tahun 50 an.
Warung sate ambal Pak Tino buka dari pukul 7 pagi hingga jam 21 malam. Harga satu porsi sate ambal yang berisi 20 tusuk sate adalah  18 ribu rupiah saja. Dan untuk anda pengemar jeroan ayam, silakan juga dicoba. Rasanya tidak jauh berbeda lezatnya.
Data detail
Harga : Rp 18,000 per porsi (1 porsi 20 tusuk)
Lokasi : Jalur mudik selatan, Desa Ambal Resmi Kabupaten Kebumen Jawa Tengah

BAKMI SUKA

Walau berupa warung bakmi yang sederhana, Warung bakmi “SUKA” yang terletak di Jalan KH A. Dahlan No 103  Purworejo  Jawa tengah ini,  selalu ramai di kunjungi para pelanggannya. Apalagi saat menjelang makan siang atau malam. Benu ikut serta dalam keramaian pengunjung yang kebanyakan memesan bakmi.
“Bakmi satuu”
Dan ternyata benar adanya. Bakmi yang awalnya saya kira rasanya cenderung manis, ternyata tidak manis sama sekali. Bakmi ini rasanya gurih dan mie-nya terasa lembut. Selain itu ada campuran rasa keikian (semacam nugget  yang terbuat dari tepung, telur, daging ayam dan udang) yang menambah rasa nikmatnya.
Pemilik warung ‘suka’, Ibu Darinah mengaku dalam sehari bisa menghabiskan 20 hingga 50 kilogram mie untuk melayani para pelanggannya. Akhir pekan lebih ramai daripada hari-hari biasa.
Oh ya, kenapa namanya Bakmi Suka? Itu karena bakmi ini tersedia di warung ‘suka’. Diberi nama warung ‘suka’ sejak tahun 1985 karena sang pemilik ingin pelanggannya suka terhadap menu masakan di warungnya.
Data detail
Harga : Rp 20,000 per porsi
Lokasi : Rumah Makan Bakmi Suka
Jalan KH A. Dahlan 103 Purworejo Jawa Tengah

BARAKUDA GORENG SAMBAL

Salah satu ikan predator ini menjadi menu andalan di Reds Dipo Bandung. Sebelum digoreng selama 3 menit, ikan barakuda ini terlebih dahulu dibakar dan diolesi bumbu bakar. Menu ini disajikan dengan sambal goreng pedas, sepedas tonjokan Mike Tyson hehehe.
Data detail
Harga : Rp 32,000.- per porsi
Lokasi : Reds Dipo, Jl. Dipatiukur No 1 (Dekat Jalan Dago) Bandung

KEPITING KACAU SUPER PEDAS

Kepiting ukuran sedang asal Kalimantan ini menjadi menu andalan di rumah Makan HDL (Haus Dan Lapar) di Bandung. Kepiting dimasak dalam kondisi fresh dan saat dimasak, cangkang kepiting sengaja dipecahkan agar bumbu rahasia dan rasa pedas khas rumah makan ini bisa meresap.
Data detail
Harga : Rp 130,000.- per porsi (harga bisa berubah sesuai musim kepiting)
Lokasi : Rumah Makan HDL, Jl. Cilaki 293 Bandung