Sabtu, 08 Oktober 2016

SATE AMBAL

Seperti penyebutan sate madura, sate ambal adalah sate ayam khas yang berasal dari kawasan Ambal, Kebumen, Jawa Tengah. Yang membedakan sate ambal dengan sate madura adalah kuah bumbunya. Sate madura menggunakan bumbu kacang yang cenderung kental, sementara sate ambal menggunakan bumbu yang agak lebih encer, berwarna kuningtua dan sekilas terlihat seperti kuah sate padang.
Satu hal lain yang  membuat sate ambal memiliki rasa istimewa, adalah pemberian bumbu berupa  campuran kunyit, jahe, bawang merah, bawang putih dan gula merah, sebelum dibakar. Setelah dibumbui, sate ayam yang sudah dilumuri bumbu kembali direndam selama kurang lebih jam 1 jam, untuk memaksimalkan rasa-bumbu yang meresap.
Benu memilih mendatangi warung sate ambal Pak Tino, karena banyak didatangi pelanggan.dan tempatnya lumayan besar. Tak heran warung sate ini bisa menjual hingga 700 tusuk sate atau setara dengan 50 ekor ayam. Pak Tino merupakan generasi ketiga penjual sate ambal di keluarganya. Ia mewarisi resep sang eyang bernama Sabar,  yang berjualan sate ambal di tahun 50 an.
Warung sate ambal Pak Tino buka dari pukul 7 pagi hingga jam 21 malam. Harga satu porsi sate ambal yang berisi 20 tusuk sate adalah  18 ribu rupiah saja. Dan untuk anda pengemar jeroan ayam, silakan juga dicoba. Rasanya tidak jauh berbeda lezatnya.
Data detail
Harga : Rp 18,000 per porsi (1 porsi 20 tusuk)
Lokasi : Jalur mudik selatan, Desa Ambal Resmi Kabupaten Kebumen Jawa Tengah

0 komentar:

Posting Komentar