DARI PASAR TURUN KE WAJAN

Loh ini mau makan siang apa kepasar ikan sih laah orang orang ini lagi pada beli ikan tapi kok banyak juga yang lagi makan yaa ooooow ternyata ini ternyata restoran yang berkonsep pasar ikan higienis everfresh sesuai dengan namanya selalu segar

AYAM TANGKAP PRAMUGARI ?

Itu kenapa di beri nama “ ayam pramugari “ apa karena kaki ayamnya jenjang dan berwarna kuning langsat aaah sudahlah hahaha

RIJJSTAFEL

Keberadaan bangsa eropa selama 350 tahun di nusantara ternyata berkontribusi besar terhadap wajah kuliner Indonesia salah satu perpaduan budaya makan yang masih bertahan adalah rijsttafel ikuti perjalanan benu menguak kembali cerita dan sejarah rijsttafel yuk..

Sabtu, 12 November 2016

Gulai Kepala kakap ala Aceh

bagi anda yang kangen dengan masakan khas  aceh namun berada di jakarta  ada baiknya mampirlah  di rumah makan medan baru yang ada dijalan  krekot bunder nomor 65 ini  pilihan menunya ada banyak dan yang paling favorit adalah  gulai kepala ikan rumah makan yang telah berusia empat puluh tahun ini  memang punya menu andalan kepala kakap yang di gulai .

menjelang makan siang  para penikmat dari berbagai kalangan  mulai memadati sejumlah  ruangan yang tersedia pak Ibrahim  A.wahab sang pemilik  punya cara unik untuk memanjakan para pelanggganya   yang doyan banget dengan kepala kakap agar lebih nikmat  si kepala kakap seberat satu hingga empat kilo ini di belah dengan menggunakan sendok dan garpu lalu disiram dengan  sambal ganja  berikutnya siap siap untuk menyeruputnya mmmmmmm nikmatnya .

untuk  food lovers  yang ingin mencoba membuatnya berikut cara mengolah  kepala kakap ukuran jumbo ini  siapkan bahan bahan seperti bawang merah  bawang putih  cabe merah giling sereh daun salam, tomat dan belimbing wuluh pertama masak santan  dengan api sedang dan masukan cabe gilingnya  serta bahan bahan yang telah di haluskan aduk aduk,  tambahkan belimbing wuluhnya terahir masukan bumbu rempah ala rumah makan medan baru aduk aduk lagi tunggu sekitar lima menit baru deh masukkan  kepala kakapnya 

untuk medapatkan kepala kakap dengan kualitas bagus  pak ibrahim sengaja medatangkannya dari  timika  lampung dan surabaya  untuk satu porsi gulai kepala kakap  tergantung ukuran dan beratnya  estimasi harganya sembilan puluh ribu sampai empat ratus lima puluh ribu rupiah  dalam satu porsi biasanya di nikmati 3 sampai empat orang . suapan pertama aroma bumbu rempah yang strong dan kuah santan yang pekat  bikin saya benar benar mencintai si kepala ikan ini , masakannya seakan membawa saya terbang kerumah menikmati kepala kakap olahan ibu saya  sangat mirip rasanya   kuahnya gurih dan daging ikannya lembut banget sama sekali tidak amis meski kepala ikannya ukurannya besar .

buat anda yang kurang suka yang bersantan ada menu pilihan lainnya yaitu masam keung atau asam pedas , jujur kuahnya segar sekali dan ikannya juga enak banget asamya dari belimbing wuluh mmmm nikmat banget .


RUMAH MAKAN MEDAN BARU

Alamat: Jl. Krekot Bunder No. 65, Pasar Baru, 

Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10710
Telepon:(021) 3858992
Jam buka · 09.00–21.00

SATE BANDENG JUARA

berkunjung ke kabupaten banten jawa barat pastilah identik dengan pemandangan pantai yang begitu elok  tak hanya keindahan alam yang memukau kota yang terletak di ujung barat pulau jawa ini  juga memiliki warisan kekayaan kuliner yang   istimewa , 

hidangan khas daerah ini antara lain adalah sate bandengya yang nikmat . salah satu pembuat sate bandeng yang masih bertahan hingga saat ini dapat dijumpai didaerah  kota serang , menurut warga sekitar hampir setiap hari pengunjung dari berbagai daerah mennyambangi toko ini untuk membeli oleh-oleh asli banten ini  usaha sate bandeng  yang dirintis oleh ibu hajah aliyah ini mulai beroperasi sejak tahun 1990an silam pantas saja ramai banget ketika saya sampai di tokonya konon hidangan ini merupakan   resep tradisional peninggalan sultan banten pada abad ke-16   saat ini sate bandeng biasa disajikan pada perayaan acara hari besar

menurut cerita rakyat banten dahulu wilayah perairan disini  menghasilkan ikan bandeng yang berlimpah  rasa ikan yang gurih membuat  semua orang menyukainya termasuk sultan banten duri yang banyak terdapat di dalam ikan membuat sang koki kerajaan memutar otak agar ikan bandeng dengan mudah dapat dinikmati oleh sang sultan, maka diciptakanlah resep ini dan terus menerus dijaga kelestarian warga banten. benu kebutelan nyoba langsung 

di toko oleh olehnya dan sate bandengnya baru di angkat dari pemangangan rasanya saat ini dua macam yang original dan yang pedas duanya duanya enak  dagingnya lebih dominan dan adonan tepungnya tipis  jadi ketika gigitan petama yang saya rasakan adaha gurihnya daging bandengnyang teklah di bumbuin , jangan lupa colek pake bumbu kecap plus potnagn cabe rawit memang benar benar nikmat,, selamat mencoba … 


Sate Bandeng Aliyah

Jl. Semaun Bakri 21
Kota Serang, Banten  Indonesia
Telp  +62 817-4842-112
Buka  : 8 pagi – 8 malam 

PUCUNG GABUS YANG MELEGENDA

  benu kali ini akan mengunjungi rumah makan betawi yang cukup lengendaris di jagakarsa Jakarta selatan ,rumah makan  menyajikan menu  pucung gabus memang sudah mulai jarang di temukan


Namun di rumah makan haji nasun buka sejak tahun 1980 an ini  kita masih menemukannya di gawangi oleh ponakannya paska  si babe nasun dan mak nyak mangkat di tahun 2010 pengelolaan rumah makan ini beralih pada keponakannya jaka dan tini,meskipun begitu rumah makan ini tetap ramai dukunjungi pelanggan sepuluh  hingga tiga puluh kilogram  ikan gabus  habis terjual dalam sehari, rasanya juga masih sama sejak dulu ngangenin hehehehe,

sayur gabus pucung berasal dari dua bahan utama yaitu ikan gabus dan buah pucung sebagai bumbu kuahnya ikan gabus adalah jenis ikan yang hidup di air tawar terlebih dahulu ikan dibersihkan dan potong potong pada zaman kolonialisme  jenis ikan tawar lain seperti ikan mas mujair dan bandeng merupakan ikan  yang mahal bagi rakyat ,ikan gabus yang berkembang biak secara liar dan bebas menjadi pilihan rakyat untuk diolah menjadi masakan .

untuk menghilangkan bau amisnya ikan direndam dalam campuran kunyit garam  dan cuka setelah itu digoreng hingga matang tuh ada tipsnya yaa jangan lupa di bumbuin dulu hehehe 
sementara itu  kuah pucung disiapkan ,garam ,cabe merah, bawang putih dan merah , kemiri  dan bumbu dapur lainnya di giling kasar sebagai pewarna ditambahkan buah pucung atau biasa juga disebut kluwak ditumis dan diberi kuah  gimana mantap kan makanya kalau ada ikan gabus yang di jual di pasar ngak ada salahnya kan kalau kita coba masa tapi inget beli dulu jangan main bawa aja hehehehe

bagi masyarakat betawi sendiri, sayur gabus pucung merupakan masakan yang mengandung nilai budaya betawi  makanan ini biasa dijadikan sebagai menu hantaran menantu kepada mertua sebagai pengikat tali silaturahim waah keren yaa langkah terakhir adalah memasukkan ikan gabus yang telah digoreng ke dalam kuah pucung yang sudah mendidih dan masak hingga bumbu meresap  gabus pucung bercitarasa gurih dengan aroma wangi yang khas  kuahnya yang hitam memberi kesan eksotis seporsi hidangan eksotis ini dibandrol dengan harga 20 hingga 40 ribu rupiah ini tahun 2015 kali aja naik tiap tahun yaa maaf namanya juga harga barang kalau udah naik susah turun heheheh  dari pada bisa naik ngak bisa turun hahahah .

beruntung saya masih kebagian gabus pucung hari ini cobain dulu aah.
Kalau dari rasanya enak banget gurih dan daging ikannya gurih banget  kuahnya yng fully bumbu juga sangat enak apalagi kalau dinikmayi dengan seporsi nasi panas …. Mmmm laziesssss  eeeh iyaa buat ada yang baru operasi sangat disarankan makan menu ini karena kandungan albuminnya sangat bagus untuk masa penyebuhan terutama buat luka bekas operasi  ini serius yaa karena saya ketemu pelanggan yang makan paska operasi  di rumah makannya ini .


Alamatnya :
Rumah Makan H.NASUN
Moh. Kahfi II No. 21 Srengseng Sawah, Jagakarsa Jakarta Selatan
TELP .+62 21 7870016


Minggu, 06 November 2016

Tradisi megibung Bali

memiliki penduduk dengan jumlah lebih dari 4 juta jiwa bali menyimpan sejuta keragaman seni, budaya dan tradisi turun temurun  daya tarik inilah yang membuat para wisatawan baik lokal maupun luar negeri terus berdatangan setiap tahunnya,   meskipun mayoritas penduduknya memeluk agama hindu namun rupanya  bali juga  menyimpan sejarah mengenai islam yang menarik untuk di telusuri .
Pada Ramadan tahun 2016 kemarin  benu mengunjungi sodara  saudara kita yang  ada di bagian timur pulau bali  saya akan menuju salah satu kampung muslim yang berjarak 1 jam dari kota Denpasar  namanya kusamba di desa yang terletak di kabupaten klungkung ini  saya akan mengenal lebih jauh tentang tradisi megibung  yakni tradisi makan bersama yang hanya hadir saat bulan ramadhan.


Benu ikut dari proses persiapannya nich food lovers  biasanya  ibu ibu disini udah masak dari pagi karena menu yang dihadirkan buat magibung  ini cukup banyak, 
menu pertama kami  buat adalah opokan  atau kalau di daerah lain lebih dikenal dengan pepes opokan  bahan dasarnya  ikan tongkol  yang juga merupakan hasil laut daerah sini  jadi ini bener bener ikan segar banget.,  ikan selanjutnya di campur dengan bumbu khas warna merah  dan dibungkus dengan daun pisang  dan di panggang deh mmm mantap .

jika biasanya sate lilit bali berbahan dasar daging sapi  warga kampung kusamba biasa menggantinya dengan daging ikan tongkol, ikan yang kaya akan zat besi dan omega tiga ini terlebih dahulu ditumbuk sampai halus.
Mulanya sate lilit  hanya disajikan saat upacara keagamaan umat hindu namun kini hidangan ini umum ditemukan pada setiap acara,


ada tips ini dari ibu ibu yang masak agar adonan menjadi lebih padat dan gurih  dicampur dengan parutan kelapa perasan jeruk nipis ditambahkan untuk menghilangkan bau amis langkah selanjutnya adalah menguleni hingga mencapai kekentalan tertentu,  jika biasanya sate dilekatkan pada batang kayu disini sate dililitkan menggunakan pelepah kelapa konon pelepah kelapa ini akan membuat aroma sate menjadi lebih harum . tinggal bakar deh  mmmmm laziessss

Tapi ada sayuran jugaloh dimenunya  mirip urap enak abis nichhhh





Dari pasar turun ke wajan

Loh ini mau makan siang apa kepasar ikan sih  laah  orang  orang ini lagi pada beli ikan tapi kok banyak juga yang lagi makan  yaa  ooooow ternyata  ini ternyata restoran yang berkonsep pasar ikan higienis everfresh sesuai dengan namanya  selalu segar semua hidangan laut disini  memang paling fresh , pertama sih jujur saya penasaran dengan  plang besar di pintu masuk ketempatnya  namun ketika saya masuk …deretan akuarium  yang mengelilingi meja meja makan  akan memanjakan mata anda food lovers 


berbagai jenis ikan laut menari nari dalam kaca bening  wah makin  seru bila adna  mengajak keluarga , anak anak pasti akan betah deh  dan yang penting lagi kita bisa memilih aneka hidangan laut sesuai dengan selera dan kantong kita pastinya   harga ikannya juga  ngak jauh beda dengan harga pasar ikan pada umumnya  pilih , timbang   dan untuk memasaknya tinggal tambah enam belas  ribu rupiah saja untuk setiap kilonya  tuh  murah kan  wah murah banget ..




Restoran yang  berada di jalan penjernihan dalam  no 8 tanah abang jakarta pusat  ini  buka  dari jam 10 pagi hingga jam 9 malam ini  saya sarankan anda dan keluarga datang lebih awal karena menjelang makan siang  selalu ramai mas mas dan mbak mbak dari kantor terdekat  pasti bakal mampir buat  maksi disini .



 Kalau benu sih milihnya  kerapu macan team Thailand selain kuahnya seger banget  daging ikannya  yag telah disiram bumbu ini gurih abis
Mmmm ini khas banget pedes dominan dan aroma kecombrangnya enak … dan kalau ikannya gak usah diragukan lagi … ini sedap mumtazzzz


Eeh tunggu dulu dong masih ada lagi nich  rajungan soup pattaya  rajungan yang udah bersih di rebus dulu selama lebih kurang lima menit  dan selanjutnya di masak dengan menggunakan  air kelapa  untuk  bumbu  sama dengan steam tadi namun cuma pake rawit  di tambah lengkuas sereh  biar makin wangi  dan untuk warna kuahnya tambah kunyit  semua bahan di haluskan  dan masak  deh setelah mulai mendidih baru masukan rajungannya  mmmm yaa tuhan enak banget  kuahnya seger kuhanya seger semriwing khas mix bumbu Thailand  .akan lebih mantap coba mix deh dengan daging kelapa mudanya yaa rab mantap banget …. Laziessssss


wah nyaris semuannya enak  nich heheheh ampe lupa berhenti   yaa udah silahkan mencoba yaa

Restoran Everfresh
Jl. Penjernihan 1 No.8, Bend. Hilir, Tanahabang,
Kota Jakarta Pusat
Buka setiap hari :  10 pagi – 21 malam 

Rabu, 02 November 2016

Ayam tangkap pramugari …. Apaaa ???

Ada satu menu yang sayang  jika anda lewatkan  bila sedang berkunjung ke  Aceh namanya 
ayam tangkap atau ayam semak belukar ( versi journalist )  ayam  kampung goreng  khas aceh ini memang paling enak buat ngemil atau sebagai lauk makan siang anda .



Rumah makan yang lokasinya bersebelahan dengan bandara Sultan Iskandar Muda ini memang selalu ramai menjelang makan siang , bahkan banyak  yang datang lebih awal karena takut kehabisan,sebenarnya yang bikin saya penasaran itu kenapa di beri nama “ ayam pramugari “ apa karena kaki ayamnya jenjang  dan berwarna kuning langsat aaah sudahlah  hahaha namun kata sang empunya pak Sofyan   pelangganlah yang ngasih nama itu karena banyak  Pramugari dan para pilot mampir dan makan siang disini hahaha ada ada saja .. 



buat anda yang demen dengan gulai kambing boleh jugan nich di coba  apalagi  kalau lagi lemes lesu darah rendah cepet banget dah naiknya …eeh btw untuk kisaran harganya  tergantung kamu bisa ngabisin berapa tapi saya benu jujur bisa ngabisin tiga potong  padahal satu ayam di potong menjadi  empat heheh maaf yaa kadang saya  suka gini kalaf ngak pake nasi .




dagingnya yang lembut gurih tanpa kulit memang sangat nikmat colek dikit dengan sambel kecap yang di bubuhi potongan cabe rawit  tapi yang ngengenin selain ayamnya  gorengan cabe hijaunya ituu lohh kenyal  gurih plus pedes tipisnya itu .. daun karinya juga ngak kalah kiruk heheheh 





memang aduhaiii lazieees nya , pengorengnya sengaja di letakan di bagian samping warung jadi kita juga bisa melihat langsung proses gorengnya pokoknya fresh from dapur lah hehehe penutupnya jangan lupa minumannya ada es timun kerok atau es pepaya kerok plus cincau item…… 
slurps seger ....







Rumah makan Aditya Jaya
Desa Cot Mancang, Kuta Baro, Aceh Besar
Jalan Blangbintang Lama atau Jalan Bandara Baru Aceh Besar,

Buka  : 10 pagi – 15 sore 

Kamis, 27 Oktober 2016

Gangan Asam Iwak Haruan dan masak habang bikin ngileer cuy …

makan siang benu kali ini istimewa nich foodlovers  gangan asam iwak haruan  menu  asli banjarmasin  kalimantan selatan wiiiiih mantap tapi adanya di Jakarta jadi buat anda yang kangen dengan menu ini dan belum sempet kekalsel mampir kesini aja dulu,  di kedai nyaman ada satu menu yang bikin benu penasaran namanya gangan asam ikan haruan  sekilas memang mirip sop ikan  



bahan bahan yang di gunakan  untuk membuat menu ini ada  asam jawa,  jahe lengkuas,  daun salam, sereh , daun bawang ,  tomat, cabai merah dan untuk warna kuahnya  tambahkan kunyit  jangan lupa bawang merah dan putihnya  banyak kan mending beli deh tapi  niar ngak penasara dengan bahannya makannya benu jabari dikit , karena pas  kesini saya boleh ngitip dapur hehehe .

Ikan haruan  alias ikan gabus sebenarnya maafaatnya sangat banyak  kandungan albuminnya sangat bagus dan di sarankan bagi yang  baru sembuh dari sakit dan pasca operasi ,  yang ini serius karena saya udah nyobain dan hasilnya bener bener membantu masa penyembuhan top deh …

ikan haruan  biasanya di masak  menjadi dua menu gangan dan haruan masak habang  untuk yang  masak habang sebenarnya ngak jauh beda dengan balado namun  di masak habang  tambahan rempah dalam sambal  baladonya dua duanya ada di rumah makan ini yaa food lovers  haranya ngak mahal kok kisaran 25 sampai 50 an itupun kalau nambah banyak kayak benu heheheh  trus kalau ngak mau makan ikan cobalah soto banjarnya … mmmm juga juara mantap … 

RM Soto Banjar Nyaman Antasari
Jalan Pangeran Antasari No.49, Kota Jakarta Selatan, INDONESIA
telp : +62 21 7654637
buka : 8.30  – 21.30 WIB 

RIJSTTAFEL




keberadaan bangsa eropa selama 350 tahun di nusantara ternyata berkontribusi besar terhadap wajah kuliner Indonesia salah satu perpaduan budaya makan yang masih bertahan adalah rijsttafel ikuti perjalanan benu menguak  kembali cerita dan sejarah rijsttafel  yuk..

sejak tahun 1842 hingga awal masa kependudukan jepang di tahun 1942 bangsa kolonial  tak hanya mempengaruhi politik dan ekonomi tapi juga dalam hal kehidupan sosial budaya Indonesia,  perpaduan budaya belanda dan indonesia atau yang disebut indies ini juga muncul pada tata cara penyajian hidangan yang diberi nama rijsttafel.

Rijsttafel berasal dari kata ris diambil bahasa perancis kuno yang berarti nasi  dan tafel berasal dari dari bahasa latin yang berarti meja jika digabung berarti sebuah hidangan dengan menu pokok nasi disajikan bersama beragam lauk pauk sayur mayur yang dihidangkan dalam satu meja.


Dahulu hidangan rijsttafel diantar oleh laki-laki berjumlah hingga 40 orang yang berpakaian seragam putih semi-eropa dikombinasikan dengan sarung dan blangkon bahkan untuk menyajikannya bisa menghabiskan waktu hingga 4 jam wah lama juga yaa makan aja lama banget.

Sangking Penasaran saya mengunjungi restoran tertua  dan pertama di jakarta yang menyajikan hidangan rijsttafel , restoran ini sebelumnya adalah rumah milik bangsawan belanda tuan bradenberg van oltsende yang didirikan pada tahun 1928.
sempat menjadi rumah resmi angkatan laut amerika setelah perang dunia kedua bangunan ini menjadi restoran di tahun 1968

bergaya arsitektur kolonial belanda rumah ini memiliki langit-langit tinggi terbuat dari kayu jati dan dihiasi perabotan asli dari beberapa daerah di indonesia seperti wayang dari jawa topeng dari kalimantan dan kain tenun asli sumatera  semuanya akan memanjakan mata kamu foodlovers

meraih gelar restoran terbaik di tahun 2015 Oasis sudah dikunjungi oleh banyak pejabat dan tokoh tersohor dalam dan luar negeri diantaranya perdana menteri inggris, margaret thatcher,  petinju amerika evnader holfield, pesepak bola asal spanyol Pep guardiola yang kini menjadi pelatih club liga inggris Manchester CITY  dan masih banyak lagi

benu penasaran dengan hidangan rijsttafel yang disajikan di oasis sejak tahun 79 katanya setiap bulan ada lebih dari 100 orang yang khusus memesan hidangan ini wow ini pasti enak banget mmmm ..

Btw jika pada zaman kolonial dulu pelayan yang mengantar adalah laki-laki
kalau di oasis ini penyajian rijsttafel dilakukan oleh wanita-wanita cantik berpakaian kebaya tradisional  agar suasana makan seperti layaknya di rumah sendiri
pertama benu disambut dengan musik dan tarian yapong khas betawi aseek jadi pengen joget eheheh , di belakang sang penari berbaris para pelayan memegang piring berisi lauk pauk khas nusantara ini nich yang bikin jadi istimewa banget .

berjalan memutari meja satu per satu mereka mengambil lauk-pauk untuk benu  saking banyaknya benu jadi takjub waaah.. piring diisi dengan nasi merah tahu telur khas jawa timur , dendeng sambal dari sumater barat,  ayam goreng sukabumi,  arsik kakap putih khas sumatera utara, sate mentul, sate ayam, oseng poso, sayur jantung pisang dari sulawesi selatan dan aneka kerupuk .. satu lagi nich food lovers para pelayannya  masya allah maniss manisss … yaa sallam jadi pengen nambah nasi terus nich heheheh .. eeh hampir lupa  disini bisa buat wedding juga looh yang  dan paket rijsttafel tadi satu orang bisa mencapai 600 hingga 1 jt rupiah ( harga 2016 )  saran benu sih mending bareng bareng aja makin rame makin mantap …


RESTORAN OASIS
Jl. Raden Saleh Raya No.47, RT.1/RW.4, Cikini, Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10330, Indonesia
Buka  : 11 – 15 sore  dan 18 – 22 malam 

Senin, 24 Oktober 2016

Kepiting asap ala RM Gusti …. Mmm Laziesss

   bila anda sedang melintasi jalur pantura atau pantai utara ada baiknya singgah lah sejenak di pantai
randu sanga brebes ada banyak pilihan menu menarik buat makan siang anda di sini , yang kangen
banget dengan menu kepiting cobain deh . kepiting asap adalah salah satu menu andalan yang ada di rumah makan gusti kepiting yang di masak dalam beberapa tahap ini memang bikin lapar , rumah makan yang terletak sekitar lima puluh meter dari pantai randu sanga ini hanya ramai di akhir pekan saja.

  Sang pemilik pak slamat selalu terjun langsung untuk memasak menu pesanan pelangganya meski

sudah tidak muda lagi iya tetap setia memberikan yang terbaik , menurutnya memasak itu harus
dengan hati biar rasanya maksimal … mmm harus itu … 
Ada tips nich dari pak Slamet buat masak kepiting, 

  pertama masukan margarin dan tumis bawang putih bombay sereh serta daun salam masukan bumbu rempah rahasia khas rm gusti aduk aduk
agar makin harum dan nikmat tambahkan daun kemangi dan daun bawang berikutna tambahkan air
aduk lagi dan masukan kepiting yang telah di bersih masak dan aduk terus sampai kuahnya mengering tuhh kan susah mending datang aja ke rumah makannya dari pada bingung heheheh 
apa lagi ada bumbu rahasianya yaiya dong kalau di bocorin bakal hilang dong ciri khas menu ala RM gustinya .. betulkan ..

   ini sengaja benu ceritain biar makin ngiler aja xixixi tuh, tahap selanjutnya adalah kepiting
yang sudah matang dan penuh bumbu ini di bungkus dengan daun pisang agar aromanya lebih sedap
kepiting yang telah di bungkus rapi ini di bakar dengan bara tempurung kelapa .untuk satu porsi besar
ini bisa dinikmati oleh dua sampai tiga orang dengan harga tergantung berat dan ukuran pastinya
tergantung berat . selamat berpetualang kuliner di brebes yaa food lovers ….



RM Gusti

Pantai Randu Sanga

Brebes Jawa tengah

Telp. 087877708877 - 0816222687

ROTI BUAYA

Roti buaya merupakan hidangan betawi berupa roti manis yang berbentuk buaya  hadir sebagai seserahan pada uparaca pernikahan  adat betawi   yang melambangkan kesetiaan si calon pengatin meski  keberadaannya kini sudah jarang namun  masih ada toko kue  yang konsisten sejak empat puluh tahun menyediakan roti buaya  toko kue terang jaya  milik pak atmaja ini masih setia menyiapkan kebutuhan roti buaya untuk acara adat betawi.

    Om atmaja atau yang sering disapa  abi ini mewarisi  keahlian dari sang ayah  himawan prayogi  dalam membuat kue ,  sepeninggal sang ayah ia mulai serius menggeluti  dunia  bakery  dan memutuskan membuka toko kue bernama terang jaya pada tahun 1970  di jalan  raya kebayoran lama jakarta selatan hingga kini .


Pesanan  bakal  banyak banget  menjelang weekend  untuk seserahan pernikahan betawi nah buat kamu yang mau ada acara nikahan  monggo pesan lebih awal biar ngak telat  acara anterannya hheheh  
 Yaa kalau tertarik mau buat boleh juga sih  nich  Bahan bahan untuk membuat roti buaya   siapkan   tepung terigu  mentega , garam, gula,  ragi  instan plus sebagai penghalus  dan kalsium tapi inget harus nyoba dulu yaa karena takarannya ngak di bocorin ama  abi hehehehe namanya juga rahasia dapur

Benu sempat nyobai roti buaya ukuran tangan orang dewasa rasanya enak  lembut dan tidak begitu manis jadi kalau mau nyobain siapin kopi atau tehnya yaa biar ngak seret hehehehe ...


TOKO ROTI TERANG JAYA
Jalan Kebayoran Lama No. 14, RT. 3/RW. 2, Cipulir, Kebayoran Lama, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12230, Indonesia

Kamis, 20 Oktober 2016

GUDEG PAWON YOGYAKARTA

sebagai informasi, gudeg pawon ini bukanya mulai malam hari pukul 22.30 WIB ya

Data Detail
Nama : Gudeg Pawon Selera Nusantara
Harga : Rp 7,500 – 9,000 per porsi (lebih mahal kalau nambah hehe)
Lokasi : Jl Janturan (masuk melalui Jalan Kusumanegara di                                                           seberang minimarket Pamela) di dekat kampus UTY.

Gurihya dorokdok bikin nagih

Rasanya gurih dan renyah saat digigit  cocok dimakan kering atau dengan kuah baso  ya inilah dorokdok   jajanan yang bisa dinikmati disegala cuaca ini memang gurihnya ngak ketulungan  dan yang penting tanpa msg. di garut ada dua pengertian tentang kerupuk kulit ada yang menyebutnya dorokdok dan kerupuk kulit penyebutan kerupuk kulit biasanya ditujukan untuk kerupuk yang terbuat dari kulit kerbau,dan dorokdok untuk kerupuk yang berbahan dasar kulit sapi lapisan bagian  dalam  sementara bagian luarnya dijadikan bermacam macam pakaian dan asesoris lainnya .



saya sebenarnya penasaran dengan penyebutan dorokdok , nanya kebeberapa orang asli garut akhirnya terjawab  katanya sih   saat di makan dalam  mulut berbunyi dorok…dok… hahah ada-ada aja ya tapi bener sih  cobain deh .

Biasanya ciri-ciri kulit sapi untuk membuat dorokdok biasanya adalah kulit dari sapi muda dan bertekstur  tebal faktor –faktor tersebut juga akan mempengaruhi rasa dorokdok ketika akan digoreng nanti waaah bisa makan banyak nich .


Cara mengolahnya sih menurut pak nandang kulit-kulit sapi ini terlebih dahulu dicuci dengan air dan garam lalu direndam selama satu malam, pencucian disini tidak menggunakan kapur karena pak nanang  ingin kulit-kulitnya juga aman dikonsumsi,  
proses ini juga bertujuan untuk membersihkan sisa kotoran dan racun-racun yang melekat pada kulit gini nich baru bener, menurut si bapak saat ini banyak oknum yang curang  membersihkan kulitnya pakai cairan kimia  dan kalau dikonsumsi bisa berbahaya buat kesehatan .


Ditempat tinggal pak nandang tak hanya terkenal dengan produk sandang di jalan sepanjang 500 meter ini juga terdapat perajin kerupuk kulit sejak tahun 70 an
saya mengikuti langkah pak nandang menyusuri gang sempit di belakang jalan sukaregang ini untuk menuju ke rumahnya di kepala saya ini ada 30 kilogram kulit sapi  lumayan berat heheehe.




Nandang suryana  ayah dari enam anak dan sembilan cucu ini sudah 15 tahun membuat dorokdok untuk menafkahi keluarga besarnya ,dalam sebulan pak nandang bersama sang istri ibu eha mendapat 500 ribu rupiah hasil dari berjualan dorokdoknya penghasilan tersebut dirasa memang tidak dapat mencukupi kebutuhan sehari-hari, apalagi ia tak mau merepotkan anak-anaknya yang sudah berkeluarga.


makanya kita semua jangan lupa bersyukur  yaa … 
selamat menikmati dorokdok … 
jangan lupa pake kuah baso hehehe .






Rabu, 19 Oktober 2016

Dodol Betawi Mak Mamas

Tradisi seserahan  dalam pernikahan  betawi memang tidak bisa di pisahkan dari dodol dan roti buaya serta  sejumlah penganan lainnya  , kedua jenis makanan ini mempunyai makna tersendiri  sebagai lambang kebersamaan dan kesetiaan pada pasangan.

penganan dodol   diyakini telah ada sekitar tahun 1852  dan  yang di bawa oleh suku luzon  filipina  yang bermigrasi  kebeberapa negara termasuk indonesia   pada masa itu  beberapa negara seperti Malaysia, singapura , india  serta srilanka menjadikan dodol sebagai menu  wajib  di acara  adat dan hari besar seperti idulfitri dan idul adha .

kemudian berkembang dari generasi kegenerasi hingga saat ini dan  menjadi  sajian panganan pada hari besar seperti idul fitri dan idul adha  dan acara adat betawi lainnya,
salah satu pengusaha dodol yang sudah cukup lama adalah  hajjah masyitah atau lebih dikenal dengan  mak mamas ini merupakan  generasi kedua penerus  resep sang mertua, yang kini sudah hampir setengah abad 

berdagang dodol betawi  di jalan batu ampar condet jakarta timur  istri dari almarhum  abdullah bin ali alhadad  memiliki enam anak ini sempat gagal  beberapa tahun, 


dan akhirnya berhasil  namun sebelum serius membuat dodol  ia sempat berdagang nasi dan asinan betawi yang hingga kini masih bertahan dan laku,  ketenaran dodol mak mamas sudah tidak diragukan lagi sejumlah artis pun sempat berkunjung ketempatnya  termasuk mantan gubenur jakarta fauzi bowo pun pernah ikut ngaduk dodol  disini
di usianya yng ketuju puluh mak mamas masih  mengontrol sendiri kualitasnya .



Selasa, 11 Oktober 2016

Nasi pundut Khas Kalsel

Nasi pundut
Sekilas memang mirip dengan lontong atau kudapan sejenis lainnya  , nasi yang diolah dengan mencampurkan santan kedalam beras  ini memang gurih banget dan beraroma khas karena dibungkus dengan daun pisang , porsinya yang kecil  pas banget buat sarapan namun  buat anda  yang biasa sarapan dengan porsi besar kiranya harus menambah dua sampai tiga bungkus .



         Makanan khas banjar  kalsel ini memang simple namun sangat nikmat bila dengan tambah dengan siraman saus lapat  dan  lauk mageli  tapi buat saya menambahkan ikan haruan masak habang jadi favorit saya mmmm laziesss .


          Saya menikmati menu ini ada di kawasan pasar pagatan kabupaten tanah bumbu Kalimantan selatan  untuk harganya  satu bungkus  kisaran lima ribu rupiah  dan bila di tambah dengan sepotong ikan haruan ( gabus ) masak habang  cukup dengan sepuluh ribu rupiah saja sudah bisa memanjakan lidah anda tungu apa lagi , soal harga jangan khawatir cukup dengan sepuluh ribu rupiah saja  lidah anda dijamin menari nari keenakan  untuk lokasinya ada di  wilayah pasar tradisional pagatan  .selamat berpetualang kuliner di Kalimantan selatan  yooo

Sabtu, 08 Oktober 2016

CUMI GORENG SAUS PEDAS

Rasa cuminya yang renyah, dibalut dengan sensasi pedas yang luar biasa hot , membuat anda yang suka pedas menjadi ketahihan. Saus pedasnya sengaja dibuat untuk memanjakanlidah anda.
Data detail
Harga : Rp 20,000.- per porsi
Lokasi : Reds dipo, Jl. Dipatiukur No 1 (Dekat Jalan Dago) Bandung

GURAME RUJAK KECOMBRANG

Gurami digoreng dan dibubuhi sentuhan aroma honje alias bunga kecombrang. Ikannya digoreng garing dan sentuhan bumbu khas ala kampung aer resto ini memang bikin menggugah selera dengan sentuhan bumbu rujak mmmmmm

Data detail
Harga : Rp 30,000.- per porsi
Lokasi : Kampung Aer Restaurant, Alam Sutra Tangerang Selatan

GIANT BURGER

Dari namanya aja udah bisa nebak kita kalau burgernya memang gede banget. Satu porsi burger ini bisa dinikmati oleh lima sampai tujuh orang. Roti danbeef yang sangat empuk, membuat Benu nyaris lupa kalau sudah menghabiskan beberapa potong burger raksasa ini. Untuk anda yang sedang menginap di Hotel Aston Braga,  ndak ada salahnya untuk nyoba si giant ini. Untuk sahur mungkin? :))

Data detail
Harga : Rp 100,000.- per porsi
Lokasi : Hotel Apartemen Aston Braga Bandung

LOBSTER BIRU SAUS ROCK N ROLL

Kita biasa menyebutnya dengan sebutan udang galah atau lobster. Namun karena warnanya yang sangat biru, akhirnya disebutlah sebagai blue lobster. Keren yaa..hehehee.
Kenikmatan lobster biru saus rock and roll ini jangan diragukan. Berawal dari bakar bakar si lobster, diolesi bumbu kuning, dan kemudian di siram dengan bumbu rock n roll panas panas… mmmmm ini memang beda rasnya.
Mintaa ammmpppuuuuunnn
Data detail
Harga : Rp 10,000.- per Ons
Lokasi : Restoran Kampung Laut Pangandaran Jl. Tubagus Ismail 22 Bandung

NASI UNGU PLUS SATE AYAM MERAH

Menu yg satu ini memang sengaja di ciptakan untuk anda yg suka dengan varian ubi. Disamping rasanya yang asyik, ternyata manfaatnya juga sangat banyak. Salah satunya kandungan  zat antosianin  yg bermanfaat untuk memperlancar peredaran darah, mencegah kanker dan memperbaiki sel yg rusak.Meski nasi ungu agak sedikit pera karena di campur dengan pasta ubi ungu, namun ketika di colek dengan sedikit sambal honje ( kecombrang ), maka rasanya menjadi asyik banget. Hehe
Menu ini berbentuk satu paket, dengan dilengkapi sate lilit plus tempe dan tahu. Dan merupakan campuran daging ayam dengan ubi kuning. Serba Ubi hehehe
Ide membuat healthy food ini berawal akibat keluarga sang pembuat terserang kanker.

Data detail
Harga : Rp 23,000.- per satu paket
Lokasi : Jalan Kepala Puan Raya AG1/18 Sektor 1A, Ruko Gading Serpong Summarecon Tangerang Selatan