Minggu, 14 Mei 2017

Sanger jambo kupi

  Bagiku pagi minggu menjadi anugerah bisa bersepeda santai, mengingat badanku yg tambun pengen sih jadi mirip bintang korea yg lagi ngehit badan dengan dada bidang perut sixpack, aah sudahlah dari kulit aja udah ngak mungkin.. gumanku sembari mengayuh sepeda.

  Hari ini matahari malu malu menampakkan sinarnya tertutup awan yg begitu tebal, jadi pagi ini aku bebas berseliweran di jalan umum arah pasar minggu , tapi kadang banyak pengendara ( baca oknum ) yg kurang menghargai para pesepeda udah mepet tipis ketrotoar tetep aja di klakson .. tapi kalau yg mencet klakson tukang angkot aku mah biasa mengingat mereka memang terkenal dengan tikah polahnya dari berhenti ujug ujug menurun dan menaikan penumpang seenak udelnya yaah  hanya sisopir dan tuhan yg tahu kapan dia berhenti,   yaa sudahlah yang waras ngalah ..

   Tapi diantara hiruk pikuknya kemacetan di jalan ada juga yg kaya mobil mewah ( baca oknum ) tapi tingkah lakunya tak ubah okb ( orang kaya baru ) yg congkaknya minta ampun, pernah di klakson sampai aku harus memanggul sepedaku di atas trotoar karena terus terusan tan tin tan tin , okeh lupakan sejenak jalanan tanpa terasa kayuhan sepedaku dr jam 8.30 pagi mulai memasuki jam 9.30,perutku mulai keroncongan yaah pagi memang ngak pernah sarapan, karena ada artikel yg kubaca cukup minum air hangat saja saat bangun  shalat subuh  dan berolah ragalah secukupnya . mmm yaa juga sih  tapi itu kadang merusak konsetrasiku berolah raga setiap jalan yg kulewati banyak tukang bubur , ketoprak dan masih banyak lagi seakan memanggilku ngawe ngawe " mas sarapan dulu mas ",, ah sudahlah itu hanya imajinasiku yg lebay . 

   Dan akhirnya aku berhenti disalah satu kedai yg cukup ramai meski pagi , jambo kupi  yaa dari namanya saja udah jelas ini memang kedai kopi dan makanan khas aceh ,  lemari kaca yg berderet disebelah kanan berisi mie aceh, martabak dan berbagai menu aceh lainnya sampai nasi gurih khas aceh juga ada .

   Setelah memarkir sepeda aku langsung menuju salah satu meja yg terbuat dr potongan kayu dengan pernis bagus layaknya ukiran dr bali namun ini lebih kecil tak lama setelah aku duduk pelayan membawa daftar menu dan mataku mencari menu kopi yg selama ini kunikmati kalau mudik ke Aceh yaa kopi sanger .

    Kopi yg dikombinasikan dengan susu dan sedikit gula ini memang menjadi favorit di kampungku sana  dan sanger ini tercipta tahun 90an karena para mahasiswa dulu yg pengen ngopi susu tapi uangnya ngepas banget , dan hasil negoisasi dengan sang pemilik warung hadirlah si sanger yg artinya saling ngerti 
hahah ini memang kreatif kopinya dikit dan susu juga dikit trus tambahin gula dikit jadi deh ..

btw ngomongin soal sanger yg ada disini jujur saya suka banget tidak terlalu manis dan setelah menikmati dua sedotan pahitnya 
kopi terasa sampai langit langit mulutku waaw mantap apalagi disajikan dengan deretan kue kue khas Aceh ada timphan dan pulot panggang ( ketan bakar ) dua duanya juga okeh .

    Setelah menikmati beberapa tegukan sanger mata dan penciumanku mulai jahil menikmati deratan hidangan yg tersusun rapi dibalik lemari kaca  tanpa babibu .. 
aku langsung memesan
" kak aku pesan kembang pepaya , kuah rampoe,
dan ikan bandeng masak kuning , 
dan nasi yaa kak si pelayan cuma bilang porsian ya bang ... yaak terserah enaknya gimana kak ..


    Lima menit kemudian pesananku datang ternyata waaw banyak tanpa komando aku langsung menyeruput sayur bening yg biasa disebut kuah rampoe yg isinya ada jagung , kacang panjang , daun katuk dan labu dengan potongan agak besar trus ada cabai hijau panjang  sebagai ciri khasnya .. 
seruputan pertama lewat begitu saja kedua juga begitu bahkan ketiga juga standar aja ya di kepalaku berkecamuk ini mungkin rasanya sudah menyesuaikan dengan lidah orang kita di jakarta. 
jujur kalau untuk kuah yg satu ini aku lebih memilih yg di pasar minggu lantai 2  disana kuahnya lebih terasa daun jeruk purutnya dan bahkan aku sering lupa sampai menghirup kuah yg ada dipiringnya apalagi kalau di campur dengan kuah ikan muloh ( bandeng ) yg berwarna kuning dan akupun nyobain melakukan yg menjadi kebiasaanku dan orang2 aceh lainnya mmm ternyata aku belum menemukan seperti yg kurasakan yg dipasar minggu lagi lagi di kepalaku terlintas mereka masak kuah ini harus bisa di makan oleh siapapun ..

masuk akal sih karena ini jalur yg ramai .Siapa aja boleh mampir baiklah foodlovers selamat berpetualang pagi yg asik bisa menikmati sanger kesukaanku ... 

selamat jalan jalan .

0 komentar:

Posting Komentar